Periksa Tagihan Kartu Kredit Anda secara Berkala



Percaya tidak, pemeriksaan kartu kredit secara berkala membawa manfaat jangka panjang? Apalagi bila kartu kredit anda diperuntukan sebagai tambahan modal bisnis kecil anda.

Pemeriksaan berkala membawa antisipasi atas keteledoran anda dalam membayar tagihan kartu kredit bisa memberi dampak merugikan bagi kehidupan finansial/ bisnis Anda. 

Tidak cuma itu, track record kedisiplinan Anda membayar tagihan juga menjadi catatan penting dalam bagi pihak bank. Jika Anda banyak menorehkan catatan tersendiri bagi pihak penerbit kartu kredit.
Makanya, supaya tidak mucul masalah, sebaiknya rutin mengecek laporan kredit Anda. Hal tersebut juga berguna untuk melihat apakah ada ketidakkonsistenan tagihan. Selain itu, pengecekan berkala juga berguna untuk :

1. Mengidentifikasi Terjadinya Pencurian Identitas 
Mengidentifikasi pencurian identitas, jika ternyata skor kredit Anda menurun signifikan, padahal Anda merasa selalu tepat waktu melakukan pembayaran, bisa jadi Anda menjadi sasaran penipuan oleh pihak ketiga. Nah, jika hal itu terjadi, Anda bisa melaporkan segera dan mencegah penipuan lebih lanjut. Memeriksa laporan kredit secara teratur juga membantu Anda memastikan ada tidaknya aktivitas lain yang mencurigakan. Bukti transaksi kartu kredit agar anda simpan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Mengajukan Pinjaman 
Jika Anda berencana mengajukan permohonan pinjaman untuk memulai bisnis, membeli atau merenovasi rumah, bank atau pemberi pinjaman umumnya akan melihat sejarah kredit Anda. Kabar buruk jika skor kredit Anda rendah, karena hal itu  bisa mengakibatkan aplikasi pinjaman Anda menurun. Tidak hanya itu, nilai kredit yang rendah juga bisa membuat Anda dikenakan suku bunga tinggi atau bahkan penolakan.

3. Mengetahui Apa yang Harus Diperbaiki 
Rutinitas pengecekan akan membantu mengetahui laporan kredit Anda. Ketika skor kredit Anda dinyatakan rendah, maka Anda bisa segera membuat manuver untuk meningkatkan skor Anda lagi. 
Peninjauan skor kredit sangat membantu mengurangi risiko terjadinya kesalahan informasi yang bisa menyulitkan Anda di masa depan. Ingat, pemeriksaan kredit secara konsisten tidak akan menyebabkan skor Anda menurun. Apalagi bila anda berniat untuk menaikkan limit kartu, anda harus konsisten dengan pembayaran tepat waktu. 


Baca juga:

Tips Apply Kartu Kredit Baru

Keuntungan dan Kerugian Kartu Kredit

Istilah - istilah dalam kartu kredit

Pilih Mana Belanja dengan Kartu Debit atau Kartu Kredit?

Transaksi Non Tunai, Aman, Mudah dan Efisien

Ketika Kehilangan Kartu Kredit Melanda

Memanfaatkan Potensi Kartu Kredit

Tips Terhindar Tunggakan Kartu Kredit

Kartu Kredit Hemat Sahabat Wanita

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Verifikasi Paypal Tanpa Kartu Kredit

Persyaratan Pengajuan Kartu Kredit

Agar Aplikasi Kredit Anda di Terima

Periksa Tagihan Kartu Kredit Anda secara Berkala

Mengapa Kartu Kredit (Wajib)

Kartu Kredit sebagai Tambahan Modal Usaha Kecil

Tips Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Bisnis Kecil

Cara Kerja hacker Mencuri Data Kartu Kredit

Mencoba Bisnis dengan Modal Kartu Kredit


Waspada Kejahatan Pencurian Data Kartu Kredit

Tidak ada komentar: